Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

salah satu menu Selat Solo yang terbaik yaitu Selat Solo Tenda Biru, wajib dicoba oleh Sobat Makan

 

Hai Sobat Makan 👋

masih dengan Food Journal yang akan membahas wisata kuliner di Solo, kali ini akan membahas makanan yang mungkin hanya bisa ditemukan di Solo. Dengan rasa yang unik makanan yang satu ini wajib Sobat Makan cicipi ketika berada di Solo, dan tempat ini merupakan pilihan kami untuk mencobanya.


Baca juga :
Sate Klatak terkenal di Jogja! yang makan rame bener wajib dicoba Sate Klatak Pak Bari

Menu makanan kali ini adalah Selat Solo, berikut adalah penjelasan yang saya kutip dari idntimes.com:

Selat Solo bukanlah nama lautan di antara pulau, dan tidak ada hubungannya dengan perairan sama sekali. Selat Solo adalah nama kuliner khas dari kota Solo. Sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Solo, pasti sudah pernah mencicipi kuliner lezat yang satu ini. Walaupun namanya selat Solo, namun hidangan ini merupakan modifikasi dari hidangan Eropa. Namun tentu saja, cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Jawa.

Asal nama selat Solo

Nama Selat Solo pada kuliner ini, berasal dari kata salad. Namun disesuaikan dengan lidah orang Jawa, sehingga disebut selat. Walaupun namanya berasal dari kata salad, tapi selat solo lebih cocok kalau disebut bistik. Karena hidangan ini merupakan perpaduan dari bistik, salad dan soup. Banyak orang yang menyebut Selat Solo sebagai bistik Jawa.

Selat Solo merupakan makanan yang dimodifikasi dari makanan Eropa

Di masa penjajahan Belanda, orang Belanda banyak membawa bahan makanan serta teknik memasak ala Eropa. Sehingga tidak heran kalau pada akhirnya terjadi percampuran antara kuliner Eropa dengan kuliner Jawa. Hasilnya adalah Selat Solo ini. Pengaruh Eropa bisa dilihat dari penggunaan kentang sebagai pengganti nasi, serta pemakaian mayones dan kecap Inggris. Sedangkan pengaruh Jawa bisa dilihat dari penggunaan kecap manis pada kuah Selat Solo.

Banyak orang yang menyebut Selat Solo sebagai bistik Jawa

Bahan utama membuat selat Solo adalah daging sapi, biasanya yang dipakai adalah daging sapi has luar. Sedangkan kuahnya dibuat dari campuran air, kecap manis, kecap Inggris, bawang putih, yang dibumbui dengan pala serta merica. Ketika disajikan biasanya ditambahkan kentang goreng, telur, sayuran rebus seperti buncis, wortel, brokoli, selada dan tomat. Cara penyajiannya memang mirip dengan steak, sehingga banyak orang yang menyebut selat Solo sebagai bistik Jawa.

Di masa lalu selat Solo hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan dan orang kaya saja

Walaupun saat ini Selat Solo sudah sangat populer, serta bisa dinikmati oleh siapa saja. Namun di masa lalu hidangan ini termasuk hidangan kelas atas, karena hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas yakni para bangsawan dan orang kaya. Hal ini tidak mengherankan sih karena di masa itu rakyat jelata tidak mampu membeli daging, keju, dan aneka bahan makanan ala Eropa lainnya.

idntimes.com


Baca juga : Mencari makanan tengah malam di sekitaran Solo Jebres, Gudeg Ceker Bu Kasno adalah salah satu pilihannya


selat solo tenda biru
selat solo tenda biru
 

Informasi dari Food Journal

Nama

Selat Solo Tenda Biru

Lokasi

Selat Solo Tenda Biru

Alamat

Jl. Dr. Wahidin No.28, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142

Harga

$

Rasa

4.5/5

Jam Operasional

08.00 WIB–20.00 WIB

Website

-


sampai jumpa di tempat makan selanjutnya 👋

Food Journal


Exploring Culinary Taste

Ikuti akun sosial media kami untuk dapatkan informasi terbaru dari kami.

 


Post a Comment for "salah satu menu Selat Solo yang terbaik yaitu Selat Solo Tenda Biru, wajib dicoba oleh Sobat Makan"