Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jajanan yang sering kita jumpai bersamaan Odading atau Kue Bantal Bolang-Baling, resep Cakwe ini bisa dibuat sendiri.

Setelah bulan yang lalu membahas resep tentang adoding atau kue bantal bolang-baling, kali ini masih tidak jauh berbeda dengan goreng-gorengan dari adonan tepung. Namanya adalah Cakwe, sedikit mengutip dari Wikipedia.

Sejarah Cakwe

Cakwe (Hanzi: 油条, hanyu pinyin: You Tiao) adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Cakwe adalah dialek Hokkian yang berarti hantu yang digoreng (油炸鬼, hanyu pinyin: You Zha Gui). Nama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini.

Cakwe mulai populer pada zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui.

Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok kemudian membuat 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui. 

Di Indonesia, cakwe dijual di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima di beberapa daerah. Cara penyajian pun beragam seperti di daerah Surakarta, Jawa Tengah, penyajiannya disertai susu kedelai. Sedangkan di daerah lain terutama Jawa Barat, cakwe disajikan dengan sambal asam cair atau sambal kacang cair.

Di Pontianak dan Ketapang, Kalimantan Barat, Cakwe umumnya manis dan kenyal. Disajikan dengan kacang hijau dan dikukus dengan daun pandan. Setelah itu kacang hijau diberi gula kental dan disajikan bersama cakwe yang diiris kecil-kecil. 

sumber : Wikipedia

 

Cakwe

 


cakwe
cakwe



Cara membuat:⠀

1. Campur semua bahan, kecuali Mentega dan ragi sampai setengah kalis.⠀
2. Masukkan mentega dan ragi uleni sampai kalis. Bulatkan.⠀
3. Diamkan 1-2 jam, bentuk memanjang dengan ketebalan kira-kira 1cm.⠀
4. Potong-potong. Tumpuk 2 potong dan gilas pakai sumpit.⠀
5. Sebelum di goreng tarik adonan. Goreng dengan minyak panas dengan api sedang.

#resepcakwe


Sampai jumpa di Resep Masakan berikutnya 👋 
Recipe Maria Mahdalena Deotami


Exploring Culinary Taste

Ikuti akun sosial media kami untuk dapatkan informasi terbaru dari kami.

Post a Comment for "Jajanan yang sering kita jumpai bersamaan Odading atau Kue Bantal Bolang-Baling, resep Cakwe ini bisa dibuat sendiri."