Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan sampai terlewatkan! Berikut ini daftar jajanan pasar yang enak dan lezat di Solo.

 




 

jajan pasar di solo
jajan pasar di solo

apa yang Sobat Makan bayangkan ketika mendengar kata Jajanan Pasar?

"makanan yang manis?"

"makanan yang murah?"

"makanan yang hanya kita temukan di pasar?"

 

Hai apa kabar Sobat Makan ✋, semoga senantiasa dalam keadaaan yang baik. Aamiin 🙏

Menjawab pertanyaan diatas, Food Journal kali ini akan memaparkan cerita yang lebih panjang daripada biasanya. Seperti rangkuman setiap perjalanan wisata kuliner yang pernah kami lakukan, semoga akan terus ada konten seperti ini.


mengutip definisi jajanan pasar dari Wikipedia:

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Dalam pengertian lain, adalah berbagai macam kue yang pada awalnya diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional. Meskipun telah banyak beredar makanan instan dan modern bahkan impor dari luar negeri, jajanan pasar masih tetap digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya yang relatif terjangkau dengan rasa yang enak, dan ada banyak pilihan beragam yang disediakan. Jajanan pasar ini, oleh masyarakat Jawa, ketika sudah dihidangkan di atas meja, sudah berubah namanya, yaitu pacetan atau nyamikan atau penganan. Dunia perhotelan, untuk meningkatkan daya tarik bagi para tamu bahkan banyak menyediakan jajanan pasar pada saat sarapan pagi. Dan beberapa kota/kabupaten di Indonesia, tak jarang menyelenggarakan festival jajanan pasar dalam rangka memperkenalkan potensi daerah berupa makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut.[1][2]


berbicara tentang jajanan pasar itu adalah salah satu menu favorit Food Journal, karena setiap pasar di beberapa daerah yang pernah dikunjungi punya jajanan berbeda. Setiap kami datang ke kota atau daerah manapun, mencari jajanan pasar adalah satu tujuan utama kami. 

Baca juga : Varian Rasa Souffle Roll Cake Food Journal

Berikut adalah daftar jajanan pasar yang enak dan lezat di Solo:

Lenjongan

Lenjongan Pasar Gede Solo

Lenjongan itu merupakan jajanan pasar yang mempunyai rasa manis dan gurih yang terdiri dari tiwul, gatot, sawut, ketan ireng, pisang ijo, cenil, jadah dan gethuk, klepon.


lenjongan
lenjongan

Apakah Sobat Makan sudah pernah coba menu makanan yang dibuat Food Journal?

Jika belum Sobat Makan bisa pesan langsung melalui menu Belanja, atau dapat juga mengunjungi Food Journal di Tokopedia, Bukalapak, Shopee.

Food Journal akan berusaha menciptakan makanan yang terbaik dari dapur kami, seperti tagline kami #ExploringCulinaryTaste membuat Sobat Makan memiliki pengalaman menarik pada setiap makanan yang kami sajikan.

Baca juga : Souffle Roll Cake ala Food Journal

 

Dawet Telasih

Dawet Telasih Bu Dermi

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, ketika kami berada disana sudah banyak orang yang antri untuk sekedar menikmati semangkuk es yang legendaris. Banyak juga yang tidak mendapatkan tempat duduk rela untuk berdiri hanya untuk bisa menikmati kesegaran terutama di cuaca siang hari yang terik.


dawet telasih
dawet telasih

Gempol Pleret

Gempol Pleret Pasar Gede

Gempol Pleret ini terbuat dari tepung beras dan mempunyai rasa gurih asin, lalu diberikan kuah santan yang juga gurih dan sedikit gula menjadikan sajian yang cukup segar ketika disantap siang hari yang panas. 


gempol pleret
gempol pleret

Dari beberapa tempat makan diatas, manakah tempat favorit Sobat Makan. Atau punya rekomendasi tempat makan yang kami harus datangi, tulis di kolom komentar ya 😄

sampai jumpa di cerita selanjutnya 👋

Salam hangat,

 

Food Journal

Exploring Culinary Taste

Ikuti akun sosial media kami untuk dapatkan informasi terbaru dari kami.

sosial media Food Journal

 





Post a Comment for "Jangan sampai terlewatkan! Berikut ini daftar jajanan pasar yang enak dan lezat di Solo."